World Sight Day 2019

...

Bandung, 13 Oktober 2019 .

World Sight Day (Hari Penglihatan Sedunia) adalah hari kepedulian internasional terhadap isu–isu global yang berkaitan dengan masalah kebutaan dan gangguan penglihatan yang diderita oleh penduduk dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO ) menyebutkan, setidaknya 40 juta-45 juta orang menderita kebutaan. Dilaporkan, setiap tahun tak kurang dari 7 juta orang mengalami kebutaan—setiap 5 menit sekali ada satu penduduk bumi menjadi buta dan satu anak mengalami kebutaan setiap 12 menit.

World Sight Day (Hari Penglihatan Sedunia) adalah hari kepedulian internasional terhadap isu–isu global yang berkaitan dengan masalah kebutaan dan gangguan penglihatan yang diderita oleh penduduk dunia.


Tidak banyak orang tahu bahwa Kamis kedua pada bulan Oktober diperingati sebagai World Sight Day.Pada tahun ini World Sight Day jatuh pada 10 Oktober dan diberi tema “Vision First”. Pada Minggu 13 Oktober 2019 mulai pukul 07.00 - 12.00, bertempat di RS Mata Bandung Eye Center, jalan Buah Batu nomor 147 Bandung.

Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center mengadakan acara " Pemeriksaan Mata dan Konsultasi Gratis" bagi masyarakat awam. Sekitar 100 pasien ikut serta dari berbagai segment usia. Para pendaftar mendapatkan info melalui media sosial dan  voucher pemeriksaan yang didapatkan dari booth di Car Free Day  Buah Batu. Menurut beberapa peserta yang mengikuti acara tersebut merasa puas dengan layanan yang diberikan dan menjadi lebih sadar akan memelihara kesehatan mata. Pada kesempatan ini juga para peserta merasa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai kesehatan mata melalui sesi tanya jawab perihal banyak fakta dan mitos tentang mata yang mereka belum ketahui, seperti contohnya bahwa “Katarak tidak bisa disembuhkan dengan obat apapun, namun dapat disembuhkan dengan operasi”.

Dengan mengadakan acara ini Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa kesehatan mata itu sangat penting, meskipun mata kita baik – baik saja, namun perlu diperiksakan secara teratur guna mencegah gangguan mata terjadi di kemudian hari.

 

Gallery